Cari Blog Ini

Kamis, 27 Januari 2011

Multiple Myeloma


Definisi Multiple Myeloma

Multiple myeloma adalah tipe dari kanker. Kanker adalah kelompok dari banyak penyakit-penyakit yang berhubungan. Myeloma adalah kanker yang mulai pada sel-sel plasma, tipe dari sel darah putih. Ia adalah tipe yang paling umum dari kanker sel plasma.

Sel-sel darah normal

Kebanyakan sel-sel darah berkembang dari sel-sel dalam sumsum tulang yang disebut sel-sel iduk (stem cells). Sumsum tulang adalah materi yang lunak di pusat dari kebanyakan tulang-tulang.
Stem cells menjadi dewasa kedalam tipe-tipe yang berbede dari sel-sel darah. Setiap tipe mempunyai pekejaan khusus:
  • Sel-sel darah putih membantu melawan infeksi. Ada beberapa tipe-tipe dari sel-sel darah putih.
  • Sel-sel darah merah mengangkut oksigen ke jaringan-jaringan di seluruh tubuh.
  • Platelet-platelet membantu membentuk gumpalan-gumpalan darah yang mengontrol perdarahan.
Sel-sel plasma adalah sel-sel darah putih yang membuat antibodi-antibodi. Antibodi-antibodi adalah bagian dari sistim imun. Mereka bekerja dengan bagian-bagian lain dari sisitm imun untuk membantu melindungi tubuh dari kuman-kuman dan unsur-unsur berbahaya lainnya. Setiap tipe dari sel plasma membuat antobodi yang berbeda.

Sel-sel Myeloma

Myeloma, seperti kanker-kanker lain, mulai pada sel-sel. Pada kanker, sel-sel baru terbentuk ketika tubuh tidak memerlukan mereka, dan sel-sel yang tua atau rusak tidak mati ketika mereka harus mati. Sel-sel ekstra ini dapat membentuk massa dari jaringan yang disebut pertumbuhan atau tumor.
Myeloma mulai ketika sel plasma menjadi abnormal. Sel yang abnormal membelah untuk membuat salinan-salinan dari dirinya sendiri. Sel-sel yang baru membelah berulang-ulang, membuat semakin banyak sel-sel abnormal. Sel-sel plasma abnormal ini disebut sel-sel myeloma.
Pada waktunya, sel-sel myeloma berkumpul dalam sumsum tulang. Mereka mungkin merusak bagian yang padat dari tulang. Ketika sel-sel myeloma berkumpul pada beberapa tulang-tulang anda, penyakitnya disebut "multiple myeloma". Penyakit ini mungkin juga membahayakan jaringan-jaringan dan organ-organ lain, seperti ginjal-ginjal.
Sel-sel myeloma membuat antibodi-antibodi yang disebut protein-protein M dan protein-protein lain. Protein-protein ini dapat berkumpul dalam darah, urin, dan organ-organ.
Picture of myeloma cells
Sel Myeloma (sel plasma abnormal) yang membuat protein-protein M.

Faktor-Faktor Risiko

Tidak ada satupun orang yang tahu penyebab-penyebab yang tepat dari multiple myeloma. Dokter-dokter jarang tahu mengapa seorang mengembangkan penyakit ini dan yang lainnya tidak. Bagaimanapun, kita tahu bahwa multiple myeloma tidak menular. Anda tidak dapat mendapatkannya dari orang lain.
Penelitian telah menunjukan bahwa faktor-faktor risiko tertentu meningkatkan kesempatan seseorang akan mengembangkan penyakit ini. Studi-studi telah menemukan faktor-faktor risiko berikut untuk multiple myeloma:
  • Umur diatas 65 tahun: Tumbuh menjadi lebih tua meningkatkan kesempatan mengembangkan multiple myeloma. Kebanyakan orang-orang dengan myeloma terdiagnosa setelah umur 65 tahun. Penyakit ini adalah jarang pada orang-orang yang lebih muda dari umur 35 tahun.
  • Ras (Bangsa): Risiko dari multiple myeloma adalah paling tinggi diantara orang-orang Amerika keturunan Afrika dan paling rendah diantara orang-orang Amerika keturunan Asia. Sebab untuk perbedaan antara kelompok-kelompok ras tidak diketahui.
  • Menjadi pria: Setiap tahun di Amerika, kira-kira 11,200 pria-pria dan 8,700 wanita-wanita terdiagnosa dengan multiple myeloma. Tidak diketahui mengapa lebih banyak pria-pria terdiagnosa dengan penyakit ini.
  • Sejarah perorangan dari monoclonal gammopathy of undetermined significance (MGUS): MGUS adalah kondisi yang tidak membahayakan dimana sel-sel plasma abnormal membuat protein-protein M. Biasanya, tidak ada gejala-gejala, dan tingkat yang abnormal dari protein M ditemukan dengan tes darah. Adakalanya, orang-orang dengan MGUS mengembangkan kanker-kanker tertentu, seperti multiple myeloma. Tidak ada perawatan, namun orang-orang dengan MGUS menperoleh tes-tes lab regular (setiap 1 atau 2 tahun) untuk memeriksa peningkatan lebih lanjut pada tingkat protein M. Mereka juga memperoleh pemeriksaan-pemeriksaan regular untuk memeriksa perkembangan dari gejala-gejala.
  • Sejarah multiple myeloma keluarga: Studi-studi telah menemukan bahwa risiko multiple myeloma seseorang mungkin lebih tinggi jika saudara dekatnya mempunyai penyakit ini.
Banyak faktor-faktor risiko lain yang dicurigai sedang dipelajari. Peneiti-peneliti telah mempelajari apakah terpapar pada kimia-kimia atau kuman-kuman tertentu (terutama virus-virus), yang mempunyai perubahan-perubahan pada gen-gen tertentu, memakan makanan-makanan tertentu, atau menjadi kegemukan (obese) meningkatkan risiko mengembangkan multiple myeloma. Peneliti-penelit terus menerus mempelajari ini dan kemungkinan faktor-faktor risiko lain.
Mempunyai satu atau lebih faktor-faktor risiko tidak berarti bahwa seorang akan mengembangkan myeloma. Kebanyakan orang-orang yang mempunyai faktor-faktor risiko tidak pernah mengembangkan kanker.

Gejala-Gejala

Gejala-gejala umum dari multiple myeloma termasuk:
  • Nyeri tulang, biasanya pada punggung dan tulang-tulang rusuk
  • Tulang-tulang yang patah, biasanya pada spine (tulang belakang)
  • Merasa lemah dan sangat lelah
  • Merasa sangat haus
  • Infeksi-infeksi dan demam-demam yang seringkali
  • Kehilangan berat badan
  • Mual atau sembelit
  • Buang air kecil yang seringkali.
Paling sering, gejala-gejala tidak disebabkan oleh kanker. Persoalan-persoalan kesehatan lain mungkin juga menyebabkan gejala-gejala ini. Hanya seorang dokter dapat memastikannya. Siapa saja dengan gejala-gejala ini harus memberitahu dokter sehingga persoalan-persoalan dapat didiagnosa dan dirawat sedini mungkin.

Diagnosis

Dokter-dokter adakalanya menemukan multiple myeloma setelah tes darah rutin. Lebih sering, dokter-dokter mencurigai multiple myeloma setelah x-ray untuk tulang yang patah. Umumnya meskipun demikian, pasien-pasien pergi ke dokter karena mereka mempunyai geala-gejala yang lain.
Untuk mencari tahu apakah persoalan-persoalan jenis ini adalah dari multiple myeloma atau beberapa kondisi-kondisi lain, dokter anda mungkin bertanya tentang sejarah medis pribadi dan keluarga anda dan melakukan pemeriksaan fisik. Dokter anda juga mungkin meminta beberapa dari tes-tes- berikut:
  • Tes-tes Darah: Lab melakukan beberapa tes-tes darah:
    • Multiple myeloma menyebabkan tingkat-tingkat yang tinggi dari protein-protein dalam darah. Lab memeriksa tingkat-tingkat dari banyak protein-protein yang berbeda, termasuk protein M dan immunoglobulin-immunoglobulin (antibodi-antibodi) lain, albumin, dan beta-2-microglobulin.
    • Myeloma mungkin juga menyebabkan anemia dan tingkat-tingkat yang rendah dari sel-sel darah putih dan platelet-platelet. Lab melakukan complete blood count untuk memeriksa jumlah sel-sel darah putih, sel-sel darah merah, dan platelet-platelet.
    • Lab juga memeriksa tingkat-tingkat yang tinggi dari calcium.
    • Untuk melihat berapa baik giinjal-ginjal bekerja, lab menguji creatinine.
  • Tes-tes Urin: Lab melihat kemungkinan protein Bence Jones, tipe dari protein M, dalam urin. Lab mengukur jumlah dari protein Bence Jones dalam urin yang dikumpulkan melalui periode 24 jam. Jika lab menemukan tingkat yang tinggi dari protein Bence Jones dalam sample urin anda, dokter-dokter akan memonitor ginjal-ginjal anda. Protein Bence Jones dapat menyumbat ginjal-ginjal dan merusak mereka.
  • X-rays: Anda mungkin mempunyai x-rays untuk melihat kemungkinan tulang-tulang yang patah atau menipis. X-ray dari seluruh tubuh anda dapat dilakukan untuk melihat berapa banyak tulang-tulang dapat dirusak oloeh myeloma.
  • Biopsi: Dokter anda mengeluarkan jaringan untuk melihat kemungkinan sel-sel kanker. Biopsi adalah satu-satunya cara yang pasti untuk mengetahui apakah sel-sel myeloma ada didalam sumsum tulang anda. Sebelum sample diambil, anestesi lokal digunakan untuk memati rasakan area. Ini membantu mengurangi nyeri. Dokter anda mengeluarkan beberapa sumsum tulang dari tulang pinggul anda atau tulang besar lainnya. Ahli patologi menggunaan mikroskop untuk memeriksa jaringan untuk sel-sel myeloma.
Ada dua cara-cara dokter anda dapat memperoleh sumsum tulang. Beberapa orang-orang akan mempunyai kedua prosedur-prosedur selama kunjungan yang sama:
    • Aspirasi sumsum tulang: Dokter menggunakan jarum tebal yang berongga untuk mengeluarkan sample-sample dari sumsum tulang.
    • Biopsi sumsum tulang: Dokter menggunakan jarum yang sangat tebal yang berongga untuk mengeluarkan sepotong kecil tulang dan sumsum tulang.
Anda mungkin ingin tanya dokter anda pertanyaan-pertanyaan ini sebelum mempunyai aspirasi atau biopsi sumsum tulang:
  • Akankah anda mengeluarkan sample dari sumsum tulang dari pinggul atau dari tulang yang lain ?

  • Kemana saya harus pergi untuk prosedur ini ?

  • Akankah saya harus berbuat sesuatu untuk mempersiapkan ini ?

  • Berapa lama itu akan berlangsung ? Akankah saya dalam posisi sadar ?

  • Akankah itu menyakitkan ? Apa yang anda akan lakukan untuk mencegah atau mengontrol nyeri ?

  • Adakah risiko-risiko apa saja ? Kesempatan-kesempatan infeksi atau perdaraha apa setelah prosedur ?

  • Berapa lama saya perlu waktu untuk pulih ?

  • Berapa cepat saya akan tahu hasil-hasilnya ? Siapa akan menjelaskan mereka pada saya ?

  • Jika saya mempunyai multiple myeloma, siapa akan berbicara pada saya tentang langkah-langkah berikutnya ? Kapan ?

Penstadiuman

Jika biopsi menunjukan bahwa anda mempunyai multiple myeloma, dokter anda perlu mempelajari luas (stadium) dari penyakit untuk merencanakan perawatan yang terbaik. Pen-stadiuman mungkin melibatkan mempunyai lebih banyak tes-tes:
  • Tes-tes darah: Untuk penstadiuman, dokter mempertimbangkan hasil-hasil dari tes-tes darah, termasuk albumin dan beta-2-microglobulin.
  • CT scan: Mesin x-ray yang dihubungkan pada konmputer mengambil rentetan gambar-gambar yang mendetil dari tulang-tulang anda.
  • MRI: Magnet yang sangat kuat yang dihubungkan pada komputer digunakan untuk membuat gambar-gambar yang mendetil dari tulang-tulang anda.
Dokter-dokter mungkin menggambarkan multiple myeloma sebagai Stadium I, Stadium II, atau Stadium III yang membara. Stadium mempertimbangkan apakah kanker menyebabkan persoalan-persoalan dengan tulang-tulang atau ginjal-ginal anda. Multiple myeloma yang membara adalah penyakit dini tanpa segala gejala-gejala. Contohnya, tidak ada kerusakan tulang. Penyakit dini dengan gejala-gejala (seperti kerusakan tulang) adalah stadium I. Stadium II atau III adalah lebih maju, dan lebih banyak sel-sel myeloma ditemukan dalam tubuh.

Perawatan

Orang-orang dengan multiple myeloma mempunyai banyak opsi-opsi perawatan. Opsi-opsi adalah penungguan yang penuh pengamatan, terapi induksi, dan transplantasi sel induk (stem cell transplant). Adakalanya kombinasi dari metode-metode digunakan.
Terapi radiasi adakalanya digunakan untuk merawat penyakit tulang yang menyakitkan. Ia mungkin digunakan sendirian atau bersama dengan terapi-terapi lain.
Pilihan perawatan tergantung terutama pada berapa majunya penyakit dan apakah anda mempunyai gejala-gejala. Jika anda mempunyai multiple myeloma tanpa gejala-gejala (myeloma yang membara), anda mungkin tidak memerlukan perawatan kanker segera. Dokter memonitor kesehatan anda secara ketat (penungguan yang penuh pengamatan) sehingga perawatan dapat mulai ketika anda mulai mempunyai gejala-gejala.
Jika anda mempunyai gejala-gejala, anda kemungkinan akan mendapat terapi induksi. Adakalanya transplantasi sel induk adalah bagian dari rencana perawatan.
Ketika perawatan untuk myeloma diperlukan, ia seringkali dapat mengontrol penyakit dan gejala-gejalanya. Orang-orang mungkin menerima terapi untuk membantu mempertahankan kanker dalam remisi, namun myeloma jarang dapat disembuhkan. Karena perawatan standar mungkin tidak mengontrol myeloma, anda mungkin ingin bicara pada dokter anda tentang ambil bagian pada percobaan klinik. Percobaan-percobaan klinik adalah studi-studi penelitian dari metode-metode perawatan yang baru.
Dokter anda dapat menggambarkan pilihan-pilihan perawatan anda, hasil-hasil yang diharapkan, dan kemungkinan efek-efek sampingan. Anda dan dokter banda dapat belerja sama untuk mengembangkan rencana perawatan yang memenuhi keperluan-keperluan anda.
Dokter anda mungkin merujuk anda pada spesialis, atau anda mungkin bertanya untuk referensi. Spesialis-spesialis yang merawat multiple myeloma termasuk hematologists (ahli darah) dan medical oncologists (ahli-ahli kanker medis). Team dokter anda mungkin juga termasuk perawat onkologi dan ahli nutrisi yang terdaftar.
Sebelum perawatan mulai, minta team dokter anda untuk menjelaskan efek-efek sampingan yang mungkin dan bagaiman perawatan mungkin merubah aktivitas-aktivitas normal anda. Karena perawatan-perawatan kanker seringkali merusak sel-sel dan jaringan-jaringan yang sehat, efek-efek sampingan adalah umum. Efek-efek sampingan mungkin tidak sama untuk setiap orang, dan mereka mungkin berubah dari satu sesi perawatan ke yang berikutnya.
Anda mungkin ingin tanya dokter anda pertanyaan-pertanyaan ini sebelum anda mulai perawatan:
  • Stadium apa dari myeloma yang saya punya ?

  • Apakah penyakitnya mempengaruhi ginjal-ginjal saya ?

  • Bagaimana saya mendapatkan salinan laporan dari ahli patologi ?

  • Apa pilihan-pilihan perawatan saya ? Mana yang anda rekomendasikan untuk saya ? Mengapa ?

  • Akankah saya mempunyai lebih dari satu jenis perawatan ? Bagaimana perawatan saya akan berubah melalui waktu ?

  • Manfaat-manfaat apa yang diharapkan dari setiap jenis perawatan ?

  • Risiko-risiko dan kemungkinan efek-efek sampingan apa dari setiap perawatan ? Apa yang dapat kita perbuat untuk mengontrol efek-efek sampingan ?

  • Apa yang dapat saya perbuat untuk menyiapkan diri untuk perawatan ?

  • Apakah saya perlu rawat inap di rumah sakit ? Jika ya, untuk berapa lama ?

  • Kemungkinan berapa biaya perawatannya ? Akankah asuransi saya menutupi biaya ?

  • Bagaimana perawatan akan mempengaruhi aktivitas-aktivitas normal saya ?

  • Apakah percobaan klinik tepat untuk saya ? Dapatkan anda membantu saya mencarinya ?

  • Berapa sering saya harus mempunyai checkup-checkup ?

Penungguan yang penuh pengamatan

Orang-orang dengan myeloma yang membara atau myeloma stadium I mungkin mampu untuk menangguhkan mempunyai perawatan kanker. Dengan menunda perawatan, anda dapat menghindari efek-efek sampingan dari perawatan hingga anda mempunyai gejala-gejala.
Jika anda dan dokter anda setuju bahwa penungguan yang penuh pengamatan adalah idea yang baik, anda akan mempunyai checkup-checkup regular (seperti setiap 3 bulan). Anda akan menerima perawatan jika gejala-gejala terjadi.
Meskipun penungguan yang penuh pengamatan menghindari atau menunda efek-efek sampingan dari perawatan kanker, pilihan ini mempunyai risiko-risiko. Pada beberapa kasus-kasus, ia mungkin mengurangi kesempatan mengontrol myeloma sebelum ia memburuk.
Anda mungkin memutuskan untuk tidak menggunakan penungguan yang penuh pengamatan jika anda tidak ingin hidup dengan myeloma yang tidak dirawat. Jika anda memilih penungguan yang penuh pengamatan namun tumbuh kekhawatiran kemudian, anda harus mendiskusikan perasaan-perasaan anda dengan dokter anda. Pendekatan yang lain adalah opsi pada kebanyakan kasus-kasus.
Anda mungkin ingin tanya dokter anda pertanyaan-pertanyaan ini sebelum memilih penungguan yang penuh pengamatan:
  • Jika saya memilih penungguan yang penuh pengamatan, dapatkah saya merubah pikiran saya kemudian ?

  • Akankah kanker lebih sulit dirawat kemudian ?

  • Berapa sering akan saya mempunyai checkup-checkup ?

  • Antara checkup-checkup, pesoalan-persoalan apa yang saya harus memberitahu anda ?

Terapi Induksi

Banyak tipe-tipe yang berbeda dari obat-obat yang digunakan untuk merawat myeloma. Orang-orang sering menerima kombinasi dari obat-obat, dan banyak kombinasi-kombinasi yang berbeda digunakan untuk merawat myeloma.
Setiap tipe dari obat-obat membunuh sel-sel kanker dalam cara yang berbeda:
  • Kemoterapi: Kemoterapi membunuh sel-sel myeloma yang tumbuh dengan cepat, namun obat dapat juga membahayakan sel-sel yang normal yang membelah dengan cepat.
  • Terapi yang ditargetkan: Terapi-terapi yang ditargetkan menggunakan obat-obat yang menghalangi pertumbuhan dari sel-sel myeloma. Terapi yang ditargetkan menghalangi aksi dari protein abnormal yang menstimulasi pertumbuhan dari sel-sel myeloma.
  • Steroid-steroid: Beberapa steroid-steroid mempunyai efek-efek antitumor. Diperkirakan bahwa steroid-steroid dapat mencetus kematian dari sel-sel myeloma. Steroid mungkin digunakan sendirian atau dengan obat-obat lain untuk merawat myeloma.
Anda mungkin menerima obat-obat dengan mulut atau melalui vena (IV). Perawatan biasanya mengambil tempat pada bagian rawat jalan dari rumah sakit, di tempat praktek dokter anda, atau di rumah. Beberapa orang-orang mungkin perlu berdiam di rumah sakit untuk perawatan.
Efek-efek sampingan tergantung terutama pada obat-obat mana yang diberikan dan berapa banyak:
  • Sel-sel darah: Jika obat yang digunakan untuk merawat myeloma menurunkan tingkat-tingkat dari sel-sel darah yang sehat, anda lebih mungkin mendapatkan infeksi-infeksi, memar atau mudah berdarah, dan merasa sangat lemah dan lelah. Team dokter anda akan melihat kemungkinan tingkat-tingkat yang rendah dari sel-sel darah. Jika tingkat-tingkat anda rendah, team dokter anda mungkin menghentikan terapi untuk sementara atau mengurangi dosis obat. Ada juga obat-obat yang dapat membantu tubuh anda membuat sel-sel darah baru.
  • Sel-sel pada akar-akar rambut: Kemoterapi mungkin menyebabkan rambut rontok. Jika anda kehilangan rambut anda, ia akan tumbuh kembali, namun ia mungkin sedikt banyak berbeda dalam warna dan teksturnya.
  • Sel-sel yang melapisi sistim pencernaan: Kemoterapi dan terapi yang ditargetkan dapat menyebabkan nafsu makan yang buruk, mual dan muntah, diare, sembelit (konstipasi), atau luka-luka mulut dan bibir. Tanyakan team dokter anda tentang obat-obat dan cara-cara lain untuk membantu anda mengatasi persoalan-persoalan ini.
Obat-obat yang digunakan untuk myeloma mungkin juga menyebabkan dizziness, rasa ngantuk, mati rasa atau kesemutan pada tangan-tangan atau kaki-kaki, dan tekanan darah rendah. Kebanyakan dari persoalan-persoalan ini hilang ketika perawatan berakhir.
Anda mungkin ingin tanya dokter anda pertanyaan-pertanyaan ini sebelum mempunyai terapi induksi:
  • Obat-obat yang mana akan saya dapat ? Apa yang akan dilakukan perawatan ?
  • Kapan perawatan akan mulai ? Kapan ia akan berakhir ? Berapa sering saya akan mepunyai perawatan-perawatan ?
  • Kemana saya akan pergi untuk perawatan ? Akankah saya harus berdiam di rumah sakit ?
  • Akankah saya mempunyai efek-efek sampingan selama perawatan ? Efek-efek sampingan apa yang saya harus memberitahu anda ? Dapatkah saya mencegah atau merawat apa saja dari efek-efek sampingan ini ?
  • Akankah ada efek-efek sampingan yang bertahan gigih ? Berapa lama mereka akan bertahan ? Apa yang dapat saya lakukan terhadap mereka ?
  • Berapa sering saya akan memerlukan checkup-checkup ?

Transplantasi Sel Induk (Stem cell)

Banyak orang-orang dengan multiple myeloma mungkin mendapatkan transplantasi sel induk. Transplantasi sel induk mengizinkan anda untuk dirawat dengan dosis-dosis yang tinggi dari obat-obat. Dosis-dosis yang tinggi menghancurkan keduanya sel-sel myeloma dan sel-sel darah normal pada sumsum tulang. Setelah anda menerima perawatan dosis tinggi, anda menerima sel-sel induk yang sehat melalui vena. (Itu seperti mendapatkan transfusi darah). Sel-sel darah yang baru berkembang dari sel-sel induk yang ditransplantasikan. Sel-sel darah yang baru menggantikan yang dihancurkan oleh perawatan.
Transplantasi sel induk terjadi di rumah sakit. Beberapa orang-orang dengan myeloma mempunyai dua atau lebih transplantasi.
Sel-sel induk (stem cells) mungkin datang dari anda atau dari seseorang yang mendonor sel-sel induk mereka pada anda:
  • Dari anda: Autologous stem cell transplant menggunakan sel-sel induk anda sendiri. Sebelum anda mendapat kemoterapi dosis tinggi, sel-sel induk (stem cells) anda dikeluarkan. Sel-sel mungkin dirawat untuk membunuh sel-sel myeloma apa saja yang hadir. Sel-sel induk anda dibekukan dan disimpan. Setelah anda menerima kemoterapi dosis tinggi, sel-sel yang disimpan dicairkan dan dikembalikan ke anda.
  • Dari anggota keluarga atau donor lain: Allogeneic stem cell transplant menggunakan sel-sel induk yang sehat dari donor. Saudara laki, perempuan atau orangtua anda mungkin adalah donornya. Adakalanya sel-sel induk datang dari donor yang bukan bersaudara. Dokter-dokter menggunakan tes-tes darah untuk memastikan sel-sel donor cocok dengan sel-sel anda. Allogeneic stem cell transplants sedang dalam pelajaran untuk perawatan dari multiple myeloma.
  • Dari kembaran anda yang sama: Jika anda mempunyai kembaran yang identis, syngeneic stem cell transplant menggunakan sel-sel induk dari kembaran anda yang sehat.
Ada dua cara-cara untuk mendapatkan sel-sel induk untuk orang-orang dengan myeloma. Mereka biasanya datang dari darah (peripheral blood stem cell transplant). Atau mereka dapat datang dari sumsum tulang (bone marrow transplant).
Setelah transplantasi sel induk, anda mungkin berdiam di rumah sakit untuk beberapa minggu atau bulan. Anda akan berisiko untuk infeksi-infeksi karena dosis-dosis yang besar dari kemoterapi yang anda telah terima. Pada waktunya, sel-sel induk yang ditransplantasikan akan mulai menghasilkan sel-sel darah yang sehat.
Anda mungkin ingin tanya dokter anda pertanyaan-pertanyaan ini sebelum mempunyai transplantasi sel induk:
  • Jenis yang mana dari transplantasi sel induk saya akan peroleh ? Jika saya memerlukan donor, bagaimana kita mendapatkannya ?
  • Berapa lama saya akan tinggal di rumah sakit ? Akankah saya memerlukan perawatan khusus ? Bagaimana saya akan dilindungi dari kuman-kuman ? Akankah tamu-tamu saya harus memakai masker ? Akankah saya ?
  • Perawatan apa akan saya perlukan ketika saya meninggalkan rumah sakit ?
  • Bagaimana kita akan tahu bahwa perawatannya bekerja ?
  • Apa risiko-risiko dan efek-efek sampingannya ? Apa yang dapat kita perbuat terhadapnya ?
  • Perubahan-perubahan apa pada aktivitas-aktivitas normal akan diperlukan ?
  • Apa kesempatan pemulihan sepenuhnya saya ? Berapa lama ia akan memakan waktu ?
  • Berapa sering saya akan memerlukan checkup-checkup ?

Pendapat Kedua

Sebelum memulai perawatan, anda mungkin menginginkan pendapat kedua tentang diagnosis dan rencana perawatan anda. Beberapa orang-orang khawatir bahwa dokter akan tersinggung jika mereka meminta pendapat kedua. Biasanya sebaliknya adalah benar. Kebanyakan dokter-dokter menyambut pendapat kedua. Dan banyak perusahaan-perusahaan asuransi kesehatan akan membayar untuk pendapat kedua jika anda atau dokter anda memintanya.
Jika anda mendapat pendapat kedua, dokter mungkin setuju dengan diagnosis dan rencana perawatan dokter pertama anda. Atau dokter kedua mungkin menyarankan pendekatan yang lain. Yang manapun caranya, anda mempunyai lebih banyak informasi dan mungkin perasaan mengontrol yang lebih besar. Anda dapat merasa lebih yakin tentang keputusan-keputusan yang anda buat, mengetahui bahwa anda telah memperhatikan opsi-opsi anda.
Mungkin memakan beberapa waktu dan usaha untuk mengumpulkan rekaman-rekaman medis anda dan mencari dokter lain. Pada kebanyakan kasus-kasus, adalah tidak menjadi masalah untuk mengambil beberapa minggu untuk mendapatkan pendapat kedua. Penundaan dalam memulai perawatan biasanya tidak akan membuat perawatan kurang efektif. Untuk memastikan, anda harus mendiskusikan penundaan ini dengan dokter anda. Beberapa orang-orang dengan multiple myeloma perlu perawatan yang segera.
Ada banyak cara-cara untuk menemukan dokter untuk pendapat kedua. Anda dapat menanyakan dokter anda, masyarakat medis lokal atau negara, rumah sakit yang berdekatan, atau sekolah kedokteran untuk nama-nama dari spesialis. NCI's Cancer Information Service at 1-800-4-CANCER dapat memberitahu anda tentang pusat-pusat perawatan yang berdekatan.

Perawatan Pendukung

Multiple myeloma dan perawatannya dapat menjurus pada persoalan-persoalan kesehatan lainnya. Pada stadium apa saja dari penyakit, anda dapat mempunyai perawatan pendukung.
Perawatan pendukung adalah perawatan untuk mencegah atau melawan infeksi-infeksi, untuk mengontrol nyeri dan gejala-gejala lain, untk membebaskan efek-efek sampingan dari terapi, dan untuk membantu anda mengatasi perasaan-perasaan yang diagnosis dari kanker dapat membawanya. Anda mungkin menerima perawatan pendukung untuk mencegah atau mengontrol persoalan-persoalan ini dan untuk memperbaiki kenyamanan dan kwalitas hidup anda selama perawatan.
Anda dapat memperleh informasi tentng perawatan pendukung pada NCI's Web site at http://www.cancer.gov/cancerinfo/coping dan dari NCI's Cancer Information Service at 1-800-4-CANCER atau LiveHelp (http://www.cancer.gov/help).
Infeksi-infeksi
Karena orang-orang dengan multiple myeloma mendapatkan infeksi-infeksi dengan sangat mudah, anda mungkin menerima antibiotik-antibiotik dan obat-obat lain.
Beberapa orang-orang menerima vaksin-vaksin terhadap flu dan pneumonia. Anda mungkin ingin berbicara dengan team dokter anda tentang kapan mendapatkan vaksin-vaksin tertentu.
Team dokter mungkin menasehati anda untuk menjauhi kerumunan-kerumunan orang banyak dan dari orang-orang dengan selesma-selesma dan penyakit-penyakit menular lain. Jika infeksi berkembang, ia dapat menjadi serius dan harus dirawat segera. Anda mungkin perlu berdiam di rumah sakit untuk perawatan.
Myeloma dan perawatannya daat menjurus pada anemia, yang mungkin membuat anda merasa sangat lelah. Obat-obat atau transfusi darah dapat membantu dengan persoalan ini.
Nyeri
Multiple myeloma seringkali menyebabkan nyeri tulang. Dokter anda dapat menyarankan cara-cara untuk membebaskan atau mengurangi nyeri:
  • Brace (penahan) yang membebaskan nyeri pada leher atau punggung
  • Obat-obat yang melawan nyeri dimana saja didalam tubuh
  • Terapi radiasi dari mesin yang besar yang diarahkan pada tulang
  • Operasi untuk memperbaiki tulang belakang (spinal cord) yang tertekan (terjepit)
Beberapa orang-orang mendapat pembebasan nyeri dari massage atau acupuncture ketika digunakan bersama dengan pendekatan-pendekatan lain. Juga, anda mungkin belajar teknik-teknik relaksasi (pengenduran) seperti mendengarkan musik yang perlahan atau bernafas secara perlahan dan dengan nyaman.
Tulang-tulang yang menipis
Sel-sel myeloma menahan terbentuknya sel-sel tulang yang baru, dan tulang-tulang menjadi tipis dimana saja ada sel-sel myeloma. Dokter anda mungkin memberi anda obat-obat untuk mencegah penipisan tulang dan membantu mengurangi risiko patah tulang. Aktivitas fisik, seperti berjalan, juga membantu mempertahankan tulang-tulang menjadi kuat.
Terlalu banyak calcium dalam darah
Multiple myeloma mungkin menyebabkan calcium meninggalkan tulang-tulang dan memasuki aliran darah. Jika anda mempunyai tingkat yang sangat tinggi dari calcium dalam darah anda, anda mungkin kehilangan nafsu makan anda. Anda juga mungkin merasa mual, gelisah, atau kebingungan. Tingkat calcium yang tinggi dapat juga membuat anda sangat lelah, lemah, terdehidrasi, dan haus. Minum banyak cairan dan meminum obat-obat yang menurunkan calcium dalam darah dapat bermanfaat.
Persoalan-persoalan ginjal
Beberapa orang-orang dengan multiple myeloma mempunyai persoalan-persoalan ginjal. Jika persoalan-persoalannya parah, orang it mungkin memerlukan dialysis. Dialysis mengeluarkan limbah dari darah. Seorang dengan persoalan-persoalan ginjal yang serius mungkin memerlukan transplantasi ginjal.
Amyloidosis
Beberapa orang-orang dengan myeloma mengembangkan amyloidosis. Persoalan ini disebabkan oleh pengumpulan protein-protein yang abnormal dalam jaringan-jaringan tubuh. Penumpukan dari protein-protein dapat menyebabkan banyak persoalan-persoalan, beberapa dari mereka parah. Contohnya, protein-protein dapat menumpuk dalam jantung, menyebabkan nyeri dada dan kaki-kaki yang bengkak. Ada obat-obat untuk merawat amyloidosis.
Nutrisi dan aktivitas fisik
Adalah penting bagi anda untuk memperhatikan diri anda sendiri dengan memakan yang baik, meminum banyak cairan, dan tetap seaktif yang anda bisa.
Anda perlu jumlah kalori-kalori yang benar untuk mempertahankan berat badan yang baik. Anda juga memerlukan protein yang cukup untuk mempertahankan kekuatan anda. Makan yang baik mungkin membantu anda merasa lebih baik dan mempunyai lebih banyak energi.
Bagaimanapun, anda mungkin tidak merasa ingin makan selama perawatan atau segera setelahnya. Anda mungkin tidak nyaman atau lelah. Anda mungkin menemukan bahwa makanan-makanan tidak enak rasanya seperti biasanya. Sebagai tambahan, efek-efek sampingan dari perawatan (seperti nafsu makan yang buruk, mual, muntah, atau luka-luka mulut) dapat membuatnya sulit untuk makan dengan baik. Dokter anda, ahli nutrisi yang terdaftar, atau penyedia perawatan kesehatan lain dapat menyarankan cara-cara untuk mengatasi persoalan-persoalan ini.
Penelitian menunjukan bahwa orang-orang dengan kanker merasa lebih baik jika mereka aktif. Berjalan, yoga, berenang, dan aktivitas-aktivitas lain dapat menjaga anda kuat dan meningkatkan energi anda. Latihan mungkin mengurangi mual dan nyeri dan membuat perawatan lebih mudah untuk ditangani. Ia juga dapat membantu membebaskan stres. Aktivitas fisik apa saja yang anda pilih, pastikan untuk berbicara pada dokter anda sebelum anda memulainya. Juga, jika aktivitas anda menyebabkan anda nyeri atau persoalan-persoalan lain, pastikan untuk memberitahu dokter atau perawat anda tentang itu.

Perawatan Follow-up

Anda akan memerlukan checkup-checkup regular setelah perawatan untuk multiple myeloma. Checkup-checkup membantu memastikan bahwa segala perubahan-perubahan dalam kesehatan anda tercatat dan dirawat jika perlu. Jika anda mempunyai persoalan-persoalan kesehatan apa saja antara checkup-checkup, anda harus menghubungi dokter anda.
Dokter anda akan melihat kemungkinan kembalinya kanker. Bahkan jika kanker tampaknya telah dimusnahkan sepenuhnya, penyakit adakalanya kembali karena sel-sel myeloma yang tidak terdeteksi menetap di suatu tempat dalam tubuh setelah perawatan. Juga, checkup-checkup membantu mendeteksi persoalan-persoalan kesehatan yang dapat berakibat dari perawatan kanker.
Checkup-checkup mungkin termasuk pemeriksaan fisik yang seksama, tes-tes darah, x-rays, atau biopsi sumsum tulang.
Anda mungkin ingin tanya dokter anda pertanyaan-pertanyaan ini setelah anda menyelesaikan perawatan:
  • Berapa sering saya akan memerlukan checkup-checkup ?
  • Tes-tes follow-up yang mana anda sarankan untuk saya ?
  • Antara checkup-checkup, persoalan-persoalan kesehatan dan gejala-gejala apa yang saya harus beritahukan pada anda ?

Sumber-Sumber Dukungan

Mendapat tahu bahwa anda mempunyai myeloma dapat merubah kehidupam anda dan kehidupan-kehidupan dari mereka yang dekat pada anda. Perubahan-perubahan ini dapat menjadi sulit ditangani. Adalah normal untuk anda, keluarga anda, dan teman-teman anda mempunyai perasaan-perasaan baru dan membingungkan untuk bekerja melaluinya.
Kekhawatiran-kekhawatiran tentang perawatan-perawatan dan mengendalikan efek-efek sampingan, rawat inap di rumah sakit, dan tagihan-tagihan medis adalah umum. Anda mungkin juga mencemaskan tentang memperdulikan keluarga anda, mempertahankan pekerjaan anda, atau melanjutkan aktivitas-aktivitas harian.
Ini adalah dimana anda dapat pergi untuk dukungan:
  • Dokter-dokter, perawat-perawat, dan anggota-anggota lain dari team perawatan kesehatan anda dapat menjawab banyak dar pertanyaan-pertanyaan anda tentang perawatan, pekerjaan, atau aktivitas-aktivitas lain.
  • Pekerja-pekerja sosial, penasihat-penasihat, atau anggota-anggota dari pendetaan dapat bermanfaat jika anda ingin berbicara tentang perasaan-perasaan dan kekhawatiran-kekhawatiran anda. Seringkali, pekerja-pekerja sosial dapat menyarankan sumber-sumber untuk bantuan keuangan, transportasi, perawatan di rumah, atau dukungan emosi.
  • Kelompok-kelompok pendukung dapat juga bermanfaat. Pada kelompok-kelompok ini, pasien-pasien atau anggota-anggota keluarga mereka bertemu dengan pasen-pasien lain atau keluarga-keluarga mereka untuk berbagi apa yang telah mereka belajar tentang mengatasi penyakit dan efek-efek perawatan. Kelompok-kelompok mungkin menawarkan dukungan dalam orang, melalui telephone, atau pada Internet. Anda mungkin ingin bicara dengan anggota dari team perawatan kesehatan anda tentang menemukan kelompok pendukung.
  • Informasi spesialis-spesialis di 1-800-4-CANCER dan di LiveHelp (http://www.cancer.gov/help) dapat membantu anda menemukan program-program, layanan-layanan, dan publikasi-publikasi. Mereka dapat memberi anda nama-nama dari organisasi-organisasi nasional yang menawarkan layanan-layanan pada orang-orang dengan kanker dan keluarga-keluarga mereka.
Ambil bagian pada penelitian kanker
Dokter-dokter di semua bagian negara sedang melakukan banyak tipe-tie dari percobaan-percobaan klinik (studi-studi penelitian dimana orang-orang secara sukarela mengambil bagian). Percoban-percobaan klinik didisain untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penting dan untuk menemukan apakah pendekatan-pendekatan baru aman dan efektif.
Penelitian telah menjurus pada kemajuan-kemajuan dalam perawatan, seperti tranplantasi-transplantasi seli induk. Dan dokter-dokter terus menerus mencari cara-cara yang lebih baik untuk merawat myeloma.
Peneliti-peneliti sedang menguji obat-obat baru dan kombinasi-kombinasi obat. Mereka juga sedang menguji cara-cara untuk memperbaiki transplantasi-transplantasi sel-induk untuk orang-orang dengan multiple myeloma.
Bahkan jika orang-orang dalam percobaan tidak mendapatkan manfaat secara langsung, mereka tetap membuat kontribusi yang penting dengan membantu dokter-dokter belajar lebih banyak tenatng myeloma dan bagaimana mengontrolnya. Meskipun percobaan-percobaan klinik mungkin memaparkan beberapa risiko-risiko, dokter-dokter melakukan segalanya yang mereka bisa untuk melindungi pasien-pasien mereka.
NCI's Web site memasukan bagian pada percobaan-percobaan klinik di http://www.cancer.gov/clinicaltrials. Ia mempunyai informasi umum tentang percobaan-percobaan klinik serta informasi yang detil tentang studi-studi spesifik myeloma yang sedang berjalan. Informasi spesialis-spesialis di 1-800-4-CANCER atau di LiveHelp at http://www.cancer.gov/help dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dan menyediakan informasi tentang percobaan-percobaan klinik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar