Cari Blog Ini

Kamis, 27 Januari 2011

Hypercalcemia


Tanda-Tanda dan Gejala-Gejala Hypercalcemia

Pada mayoritas pasien-pasien dengan hypercalcemia, tanda-tanda dan gejala-gejala adalah minimal. Pada umumnya, gejala-gejala meningkat dengan tingkat-tingkat kalsium yang lebih tinggi dalam darah. Pada kasus-kasus yang parah, tingkat-tingkat kalsium yang naik dapat menyebabkan irama-irama jantung yang abnormal dengan penemuan-penemuan spesifik pada electrocardiogram (EKG).
Karena penemuan-penemuan klinik yang terlihat pada hypercalcemia, gejala-gejala sering digambarkan sebagai "rintihan-rintihan (moans), batu-batu (stones), rintihan-rintihan (groans), dan tulang-tulang (bones)".
Beberapa dari gejala-gejala termasuk yang berikut:

Rintihan-rintihan atau Moans (kondisi-kondisi pencernaan)

  • Sembelit
  • Mual
  • Nafsu makan yang berkurang
  • Nyeri perut
  • Penyakit bisul perut

Batu-batu atau Stones (kondisi-kondisi yang berhubungan dengan ginjal)

  • Batu-batu ginjal
  • Nyeri pinggang
  • Kencing yang sering

Rintihan-rintihan atau Groans (kondisi-kondisi psikologi)

  • Kebingungan
  • Dementia
  • Kehilanga memori
  • Depresi

Tulang-tulang atau Bones (nyeri tulang dan kondisi-kondisi yang berhubungan dengan tulang)

  • Nyeri-nyeri dan sakit-sakit tulang
  • Patah-patah tulang
  • Membengkoknya tulang belakang (spine) dan kehilangan tinggi

Mendiagnosa Hypercalcemia

Hypercalcemia dengan mudah didiagnosa dengan tes darah. Mendiagnosa penyebab-penyebab dari hypercalcemia, bagaimanapun, adalah proses yang lebih melibatkan; sebagai tambahan pada sejarah dan pemeriksaan fisik yang mendetil, ia mungkin memerlukan tes-tes darah lebih lanjut (seperti tingkat PTH dan tingkat vitamin D), evaluasi urin, X-rays, dan prosedur-prosedur pencitraan (imaging) lain.

Merawat Hypercalcemia

Perawatan dari tingkat-tingkat kalsium yang naik dalam darah melibatkan evaluasi dari yang berikut:
  1. Apakah tingkat kalsium cukup naik untuk menjadi berbahaya, atau ia menyebabkan gejala-gejala ?
  2. Apa yang menjadi penyebab yang mendasari hypercalcemia, dan apakah ia memerlukan perawatan ?
Jika hypercalcemia menyebabkan gejala-gejala yang parah, atau jika nilai-nilainya tingginya kritis, menurunkan tingkat-tingkat darah mungkin memerlukan perawatan di rumah sakit dan penggunaan hidrasi, steroid-steroid, atau bahkan dialysis. Ada obat-obat intravena yang dapat juga digunakan untuk menurunkan kalsium.
Jika hypercalcemianya sedang, perawatan dengan obat-obat dapat diberikan pada basis pasien rawat jalan.
Jika penyebab yang mendasarinya adalah hyperparathyroidism (terutama dari adenoma), ada kriteria-kriteria tertentu yang ditinjau ulang untuk mendiskusikan apakah operasi harus dipertimbangkan. Kriteria-kriteria ini termasuk tingkat kalsium absolut, sejarah dari batu-batu ginjal atau komplikas-komplikasi lain yang berhubungan dengan kalsium, dan jumlah kalsium yang terlihat pada pengumpulan urin 24 jam. Berdasarkan pada penemuan-penemuan ini, pengangkatan adenoma secara operasi mungkin dipertimbangkan.

Prognosis Untuk Hypercalcemia

Hasil-hasil dari perawatan untuk hypercalcemia tergantung pada penyebab yang mendasari kondisi. Jika hypercalcemia terlihat dalam kehadiran dari kanker, rata-rata angka kelangsungan hidup satu tahun adalah kurang dari 30%. Prognosis sangat baik untuk banyak dari penyebab-penyebab lain dari hypercalcemia dengan syarat penyebab yang mendasarinya ditangani dan dirawat.

Mencegah Hypercalcemia

Hypercalcemia tidak dapat dicegah, namun deteksi awal dapat keduanya mengizinkan normalisasi tingkat-tingkat kalsium dan menjurus pada pengerjaan yang dini untuk menentukan penyebabnya. Jika ada sejarah hypercalcemia atau hiperparatiroidisme keluarga yang diketahui, adalah berharga untuk menyebutkan ini pada dokter; bersama pasien dan dokter dapat menentukan apakah penyaringan (screening) terjamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar