Cari Blog Ini

Kamis, 27 Januari 2011

Endocarditis


Definisi Endocarditis
Endocarditis adalah infeksi yang serius dari salah satu dari empat klep-klep (katup-katup) jantung.
Penyebab Endocarditis
Endocarditis disebabkan oleh pertumbuhan bakteri pada salah satu dari klep-klep jantung, menjurus pada massa yang terinfeksi yang disebut "vegetation". Infeksi mungkin diintroduksi sewaktu periode-periode yang singkat dari mempunyai bakteri-bakteri dalam aliran darah, seperti setelah pekerjaan gigi, colonoscopy, dan prosedur-prosedur serupa lainnya.
Gejala-Gejala Dari Endocarditis
Pasien-pasien dengan endocarditis dapat mengembangkan:
  • demam,
  • kelelahan,
  • menggigil,
  • kelemahan,
  • otot-otot dan sendi-sendi yang nyeri,
  • keringat-keringat malam,
  • edema (penumpuka cairan) di kaki-kaki, dan perut,
  • malaise (rasa tidak enak badan),
  • sesak napas, dan
  • adakalanya, luka-luka kulit kecil yang menyebar.
Pada endocarditis, pembiakan-pembiakan darah dapat seringkali mendeteksi bakter-bakteri yang menyebabkan endocarditis. Pasien-pasien dapat juga mengembangkan anemia, darah dalam urin, jumlah sel darah putih yang meningkat, dan bunyi desiran jantung yang tidak normal yang baru.
Siapa Yang Berisiko Untuk Endocarditis
Orang-orang yang dengan penyakit klep-klep jantung yang telah hadir (aortic stenosis, mitral stenosis, mitral regurgitation, dan seterusnya) dan orang-orang yang telah menjalani penggantian-penggantian klep jantung berada pada risiko yang meningkat mengembangkan endocarditis. Orang-orang ini biasanya diberikan antibiotik-antibiotik sebelum prosedur apa saja yang mungkin memasukkan bakteri-bakteri kedalam aliran darah. Ini termasuk pekerjaan dental (gigi) yang rutin, operasi minor, dan prosedur-prosedur yang mungkin melukai jaringan-jaringan tubuh seperti pemeriksaan-pemeriksaan colonoscopy dan gynecologic atau urologic. Contoh-contoh dari antibiotik-antibiotik yang digunakan termasuk oral amoxicillin (Amoxil) dan erythromycin (Emycin, Eryc,PCE), serta intramuscular atau intravenous ampicillin, gentamicin, dan vancomycin.
Mendiagnosa Endocarditis
Infeksi pada klep dapat menyebabkan pembentukan dari nodul-nodul pada klep-klep yang disebut "vegetations". Vegetation-vegatation klep ini dapat dideteksi dengan echocardiography (pemeriksaan ultrasound dari jantung). Metode yang paling akurat mendeteksi vegetation-vegetation klep adalah dengan prosedur yang disebut transesophageal echocardiography (TEE). Pada prosedur ini echo-transducer ditempatkan pada ujung dari endoscope yang lentur. Endoscope dimasukan melalui mulut kedalam esophagus. Transducer pada ujung dari endoscope kemudian mampu untuk mengambil "gambar-gambar" gelombang suara dari klep-klep jantung yang berlokasi berdekatan pada esophagus bagian bawah. Adalah penting untuk menyadari bahwa endocarditis mungkin ada tanpa vegetation-vegetation yang terlihat pada klep jantung; diagnosis yang tepat dibuat dengan mengidentifikasi bakteri-bakteri dalam pembiakan darah, dalam setting klinik yang tepat.
Merawat Endocarditis
Arus utama dari perawatan adalah antibiotik-antibiotik yang agresif, umumnya diberikan secara intravena, biasanya untuk 4-6 munggu. Durasi dan intensits dari perawatan tergantung pada keparahan dari infeksi dan tipe dari organisme bakteri yang bertanggung jawab. Pada kasus-kasus dimana klep-klep telah dirusak secara parah oleh infeksi, yang berakibat pada disfungsi klep yang parah, penggantian klep secara operasi mungkin adalah perlu. Respon pada perawatan diindikasikan oleh pengurangan dalam demam, pembiakan-pembiakan bakteri darah yang negatif, dan penemuan-penemuan pada echocardiography.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar