Cari Blog Ini

Sabtu, 15 Januari 2011

Hipoparatiroidisme

 

Definisi Hipoparatiroidisme

Hipoparatiroidisme adalah kondisi dimana tubuh tidak membuat cukup hormon paratiroid atau parathyroid hormone (PTH).
Hormon ini mengatur jumlah kalsium dan phosphorus dalam tulang-tulang dan darah tubuh anda. Tingkat-tingkat PTH yang berkurang menjurus pada tingkat-tingkat kalsium yang rendah dan tingkat-tingkat phosphorus yang tinggi dalam darah. Ketidakseimbangan ini dapat menjurus pada persoalan-persoalan dengan tulang, otot-otot, kulit, dan ujung-ujung syaraf.

Penyebab Hipoparatiroidisme

Penyebab yang paling umum dari hipoparatiroidisme adalah luka pada kelenjar-kelenjar paratiroid, seperti selama operasi kepala dan leher. Kelenjar-kelenjar paratiroid adalah kelenjar-kelenjar endokrin yang kecil yang berlokasi di leher dibelakang kelenjar tiroid.
Pada kasus-kasus lain, hipoparatiroidisme hadir waktu kelahiran atau mungkin berhubungan dengan penyakit autoimun yang mempengaruhi kelenjar-kelenjar paratiroid bersama dengan kelenjar-kelenjar lain dalam tubuh, seperti kelenjar-kelenjar tiroid, ovari, atau adrenal.
Hipoparatiroidisme adalah sangat jarang. Ia adalah berbeda dari hiperparatiroidisme, kondisi yang jauh lebih umum dimana tubuh membuat terlalu banyak PTH.

Gejala-Gejala Hipoparatiroidisme

Gejala-gejala hipoparatiroidisme mungkin termasuk:
  • Kesemutan di bibir-bibir, jari-jari tangan, dan jari-jari kaki
  • Rambut yang kering, kuku-kuku yang rapuh, kulit yang kering dan kasar
  • Kejang-kejang dan nyeri otot di muka, tangan-tangan, kaki-kaki
  • Katarak-katarak di mata-mata
  • Malformasi dari gigi-gigi, termasuk pelemahan enamel gigi dan akar-akar gigi yang terbentuk tidak serasi
  • Kehilangan memori (daya ingat)
  • Sakit kepala
  • Kejang-kejang otot yang parah (juga disebut tetany) dan gangguan-gangguan hebat

Merawat Hipoparatiroidisme

Tujuan perawatan untuk hipoparatiroidisme adalah untuk memugar kembali kalsium dan phosphorus tubuh ke tingkat-tingkat normal. Suplemen-suplemen Calcium carbonate dan vitamin D adalah satu-satunya perawatan yang disetujui saat ini. Bagaimanapun, studi-studi NIH telah menunjukan obat PTH yang sedang diselidiki bekerja dengan baik sebagai terapi alternatif.
Jika hipoparatiroidisme didiagnosa dan dirawat dini, hasil-hasilnya adalah baik dan tubuh tumbuh secara normal.
Jika hipoparatiroidisme dibiarkan tidak terawat, komplikasi-komlikasi dapat termasuk saluran udara yang terhalangi yang disebabkan oleh kejang-kejang otot yang parah, pertumbuhan kerdil, gigi-gigi yang cacad, perkembangan katarak-katarak, dan endapan-endapan kalsium dalam otak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar