Cari Blog Ini

Sabtu, 15 Januari 2011

PENYAKIT ADDISON


Definisi Penyakit Addison

Penyakit Addison adalah kelainan endokrin atau hormon yang terjadi pada semua kelompok umur dan menimpa pria-pria dan wanita-wanita sama rata. Penyakit dikarakteristikan oleh kehilangan berat badan, kelemahan otot, kelelahan, tekanan darah rendah, dan adakalanya penggelapan kulit pada kedua-duanya yaitu bagian-bagian tubuh yang terbuka dan tidak terbuka.

Bagaimana Terjadinya Penyakit Addison ?

Penyakit Addison terjadi ketika kelenjar-kelenjar adrenal tidak menghasilkan cukup hormon kortisol (cortisol) dan, pada beberapa kasus-kasus, hormon aldosterone. Penyakit juga disebut ketidakcukupan adrenal (adrenal insufficiency), atau hypocortisolism.

Definisi Cortisol

Cortisol secara normal diproduksi oleh kelenjar-kelenjar adrenal, yang berlokasi tepat diatas ginjal-ginjal. Ia termasuk suatu kelompok hormon-hormon yang disebut glucocorticoids, yang mempengaruhi hampir setiap organ dan jaringan dalam tubuh. Ilmuwan-ilmuwan berpikir bahwa cortisol kemungkinan mempunyai ratusan efek-efek dalam tubuh. Pekerjaan Cortisol yang paling penting adalah membantu tubuh merespon pada stress. Diantara tugas-tugas penting lainnya, cortisol:
  • membantu mempertahankan tekanan darah dan fungsi jantung
  • membantu memperlambat respon peradangan sistim imun
  • membantu menyeimbangkan efek-efek dari insulin dalam mengurai gula untuk energi
  • membantu mengatur metabolisme protein-protein, karbohidrat-karbohidrat, dan lemak-lemak
  • membantu mempertahankan penimbulan dan perasaan kesejahteraan yang pantas

Pengaturan Cortisol

Karena cortisol adalah begitu penting pada kesehatan, jumlah cortisol yang dihasilkan oleh adrenal-adrenal diseimbangkan secara tepat/seksama. Seperti banyak hormon-hormon lain, cortisol diatur oleh hypothalamus dan kelenjar pituitary dari otak, organ seukuran kacang pada dasar dari otak. Pertama-tama, hypothalamus mengirim "hormon-hormon yang melepaskan" ke kelenjar pituitary. Pituitary merespon dengan mengeluarkan hormon-hormon yang mengatur fungsi pertumubuhan dan tiroid dan adrenal, dan hormon-hormon sex seperti estrogen dan testosterone. Satu dari fungsi-fungsi utama dari pituitary adalah untuk mengeluarkan ACTH (adrenocorticotropin), hormon yang menstimulasi kelenjar-kelenjar adrenal. Ketika adrenal-adrenal menerima signal dari pituitary dalam bentuk ACTH, mereka merespon dengan menghasilkan cortisol. Menyempurnakan siklus, cortisol kemudian mengisyaratan pituitary untuk menurunkan pengeluaran ACTH.

Definisi Aldosterone

Aldosterone termasuk pada suatu kelompok hormon-hormon yang disebut mineralocorticoids, juga diproduksi oleh kelenjar-kelenjar adrenal. Ia membantu mempertahankan tekanan darah dan keseimbangan air dan garam dalam tubuh dengan membantu ginjal menahan sodium dan mengeluarkan potassium. Ketika produksi aldosterone jatuh terlalu rendah, ginjal tidak mampu untuk mengatur keseimbangan garam dan air, menyebabkan volume darah dan tekanan darah jatuh/turun.

Penyebab Penyakit Addison

Kegagalan untuk memproduksi tingkat-tingkat cortisol yang memadai dapat terjadi untuk sebab-sebab yang berbeda. Persoalan mungkin disebabkan oleh kelainan dari kelenjar-kelenjar adrenal mereka sendiri (ketidakcukupan adrenal primer) atau oleh pengeluaran yang tidak cukup dari ACTH oleh kelenjar pituitary (ketidakcukupan adrenal sekunder).

Ketidakcukupan Adrenal Primer (Utama)

Penyakit Addison mempengaruhi kira-kira 1 dalam 100,000 orang-orang. Kebanyakan kasus-kasus disebabkan oleh kerusakan yang berangsur-angsur dari adrenal cortex, lapisan luar dari kelenjar-kelenjar adrenal, oleh sistim imun tubuh sendiri. Kira-kira 70 persen dari kasus-kasus penyakit Addison yang dilaporkan disebabkan oleh kelainan-kelainan autoimun, dimana sistim imun membuat antibodi-antibodi yang menyerang jaringan-jaringan atau organ-organ tubuh sendiri dan secara perlahan merusak/menghancurkan mereka. Ketidakcukupan adrenal terjadi ketika paling sedikit 90 persen dari adrenal cortex telah dihancurkan. Sebagai akibatnya, seringkali kedua-duanya hormon-hormon glucocorticoid (cortisol) dan mineralocorticoid (aldosterone) kekurangan. Adakalanya hanya kelenjar adrenal yang terpengaruh, seperti pada ketidakcukupan adrenal idiopatik (idiopathic adrenal insufficiency); adakalanya kelenjar-kelenjar lain juga terpengaruh, seperti pada sindrom kekurangan poliendokrin (polyendocrine deficiency syndrome).

Sindrom Kekurangan Poliendokrin

Sindrom kekurangan poliendokrin dikelompokan kedalam dua bentuk-bentuk yang terpisah, dirujuk sebagai tipe I dan tipe II.
Tipe I terjadi pada anak-anak, dan ketidakcukupan adrenal mungkin disertai oleh:
  • kelenjar-kelenjar paratiroid yang kurang aktif
  • perkembangan seksual yang lambat
  • anemia yang parah (pernicious anemia)
  • infeksi-infeksi candida yang kronis
  • hepatitis aktif kronis
  • kerontokkan rambut (dalam kasus-kasus yang sangat jarang)
Tipe II, seringkali disebut sindrom Schmidt, biasanya menimpa dewasa-dewasa muda. Ciri-ciri dari tipe II mungkin termasuk:
  • suatu kelenjar tiroid yang kurang aktif
  • perkembangan seksual yang lambat
  • diabetes
  • vitiligo
  • kehilangan pigmen pada area-area dari kulit
Ilmuwan-ilmuwan berpikir bahwa sindrom kekurangan poliendokrin diturunkan/diwariskan karena seringkali lebih dari satu anggota keluarga cenderung mempunyai satu atau lebih kekurangan-kekurangan endokrin.

Tuberculosis

Tuberculosis (TB), infeksi yang dapat menghancurkan kelenjar-kelenjar adrenal, bertanggung jawab untuk kira-kira 20 persen dari kasus-kasus ketidakcukupan adrenal primer di negara-negara yang telah berkembang. Ketika ketidakcukupan adrenal diidentifikasi pertama kali oleh Dr. Thomas Addison pada tahun 1849, TB ditemukan pada otopsi pada 70 sampai 90 persen dari kasus-kasus. Ketika perawatan untuk TB telah diperbaiki, bagaimanapun, kejadian ketidakcukupan adrenal yang disebabkan oleh TB dari kelenjar-kelenjar adrenal telah sangat berkurang.

Penyebab-Penyebab Lain

Penyebab-penyebab yang lebih tidak umum dari ketidakcukupan adrenal primer adalah:
  • infeksi kronis, terutama infeksi-infeksi jamur
  • sel-se kanker yang menyebar dari bagian-bagian lain tubuh ke kelenjar-kelenjar adrenal
  • amyloidosis
  • pengangkatan kelenjar-kelenjar adrenal secara operasi

Ketidakcukupan Adrenal Sekunder

Bentuk ketidakcukupan adrenal ini adalah jauh lebih umum daripada ketidakcukupan adrenal primer dan dapat ditelusuri pada kekurangan dari ACTH. Tanpa ACTH untuk menstimulasi adrenal-adrenal, produksi cortisol dari kelenjar adrenal jatuh/turun, namun bukan aldosterone. Bentuk sementara dari ketidakcukupan adrenal sekunder mungkin terjadi ketika seseorang yang telah sedang menerima hormon glucocorticoid seperti prednisone untuk waktu yang lama secara tiba-tiba berhenti atau memotong mengkonsumsi obat. Hormon-hormon glucocorticoid, yang seringkali digunakan untuk merawat penyakit-penyakit peradangan seperti rheumatoid arthritis, asma, atau radang borok usus besar (ulcerative colitis), menghalangi pelepasan dari kedua-duanya corticotropin-releasing hormone (CRH) dan ACTH. Secara normal, CRH memerintahkan kelenjar pituitary untuk melepaskan ACTH. Jika tingkatan-tingkatan CRH levels jatuh/turun, pituitary tidak distimulasi untuk melepaskan ACTH, dan adrenal-adrenal kemudian gagal untuk mengeluarkan tingkat-tingkat cortisol yang cukup.
Penyebab lain dari ketidakcukupan adrenal sekunder adalah operasi pengangkatan dari tumor-tumor yang jinak atau yang tidak bersifat kanker dari kelenjar pituitary yang memproduksi ACTH (Penyakit Cushing). Pada kasus ini, sumber dari ACTH secara tiba-tiba diangkat, dan hormon pengganti harus dikonsumsi hingga produksi ACTH dan cortisol yang normal pulih kembali.
Lebih jarang, ketidakcukupan adrenal terjadi ketika kelenjar pituitary berkurang dalam ukurannya atau berhenti memproduksi ACTH. Kejadian-kejadian ini dapat berakibat dari:
  • tumor-tumor atau infeksi-infeksi dari area
  • kehilangan aliran darah ke pituitary
  • radiasi untuk perawatan tumor-tumor pituitary
  • operasi pengangkatan bagian-bagian dari hypothalamus
  • operasi pengangkatan kelenjar pituitary

Tanda-Tanda dan Gejala-Gejala Penyakit Addison

Gejala-gejala dari ketidakcukupan adrenal biasanya mulainya secara berangsur-angsur. Karakteristik-karakteristik dari penyakit adalah:
  • kelelahan yang memburuk kronis
  • kelemahan otot
  • kehilangan nafsu makan
  • kehilangan berat badan
Kira-kira 50 persen dari waktunya, seseorang akan mencatat:
Gejala-gejala lain termasuk:
  • tekanan darah rendah yang jatuh lebih lanjut ketika berdiri, menyebabkan kepeningan atau membuat pingsan
  • perubahan-perubahan kulit pada penyakit Addison, dengan area-area dari hyperpigmentation, atau penggelapan, yang mencakup bagian-bagian tubuh yang tertutup dan tidak tertutup; penggelapan kulit ini adalah paling terlihat pada luka-luka parut (scars); lipatan-lipatan kulit; titik-titik penekanan seperti siku-siku, lutut-lutut, sendi-sendi engsel, dan jari-jari kaki; bibir; dan selaput-selaput berlendir
Penyakit Addison dapat menyebabkan sifat lekas marah (mudah terangsang) dan depresi. Karena kehilangan garam, permintaan untuk makanan-makanan bergaram juga adalah umum. Hypoglycemia, atau glukosa darah yang rendah, adalah lebih berat/parah pada anak-anak daripada pada dewasa-dewasa. Pada wanita-wanita, periode-periode menstrual mungkin menjadi tidak teratur atau berhenti.
Karena gejala-gejala majunya secara perlahan, mereka umumnya diabaikan hingga kejadian yang penuh stress seperti penyakit atau kecelakaan menyebabkan mereka menjadi lebih buruk. Ini disebut krisis addisonian, atau ketidakcukupan adrenal yang akut. Pada kebanyakan kasus-kasus, gejala-gejala cukup berat sehingga pasien-pasien mencari perawatan medis sebelum krisis terjadi. Bagaimanapun, pada kira-kira 25 persen dari pasien-pasien, gejala-gejala pertama kali nampak selama krisis addisonian.
Gejala-gejala dari krisis addisonian termasuk:
  • nyeri menembus yang tiba-tiba pada punggung bawah, perut, atau kaki-kaki
  • muntah dan diare yang berat
  • dehidrasi
  • tekanan darah rendah
  • kehlangan kesadaran
Ditinggalkan tidak dirawat, krisis addisonian dapat menjadi fatal.

Mendiagnosis Penyakit Addison

Pada tingkatan-tingkatan awalnya, ketidakcukupan adrenal dapat menjadi sulit untuk didiagnose. Peninjauan ulang sejarah medis pasien berdasarkan pada gejala-gejala, terutama penggelapan kulit, akan menjurus seorang dokter pada kecurigaan penyakit Addison.
Diagnosis dari penyakit Addison dibuat oleh tes-tes laboratorium. Tujuan dari tes-tes ini adalah pertama-tama menentukan apakah tingkatan-tingkatan cortisol adalah tidak cukup dan kemudian menegakkan penyebabnya. Pemeriksaan-pemeriksaan x-ray dari kelenjar-kelenjar adrenal dan pituitary juga bermanfaat dalam membantu untuk menegakkan penyebabnya.

Tes Stimulasi ACTH

Ini adalah tes yang paling spesifik untuk mendiagnose penyakit Addison. Pada tes ini, cortisol darah, cortisol urin, atau kedua-duanya diukur sebelum dan setelah bentuk sintetik dari ACTH diberikan dengan suntikan. Pada tes ACTH yang disebut pendek atau cepat, pengukuran cortisol dalam darah diulang 30 sampai 60 menit setelah suntikan ACTH secara intravena. Respon normal setelah suntikan ACTH adalah kenaikan tingkat-tingkat cortisol dalam darah dan urin. Pasien-pasien dengan kedua bentuk dari ketidakcukupan adrenal merespon secara buruk atau tidak merespon sama sekali.

Tes Stimulasi CRH

Ketika respon pada tes pendek ACTH adalah abnormal, tes stimulasi CRH "panjang" diperlukan untuk menentukan penyebab dari ketidakcukupan adrenal. Pada tes ini, CRH sintetik disuntikan secara intravena dan cortisol darah diukur sebelum dan 30, 60, 90, dan 120 menit setelah suntikan. Pasien-pasien dengan ketidakcukupan adrenal primer mempunyai ACTH-ACTH yang tinggi namun tidak memproduksi cortisol. Pasien-pasien dengan ketidakcukupan adrenal sekunder mempunyai respon-respon kekurangan cortisol namun tidak hadir atau penundaan respon-respon ACTH. Ketidakhadiran respon-respon ACTH menunjuk pada pituitary sebagai penyebabnya; penundaan respon ACTH menunjuk pada hypothalamus sebagai penyebabnya.
Pada pasien-pasien yang dicurigai mempunyai krisis addisonian, dokter harus memulai perawatan segera dengan suntikan-suntikan dari garam, cairan-cairan, dan hormon-hormon glucocorticoid. Meskipun diagnosis yang dapat dipercaya adalah tidak mungkin ketika pasien sedang dirawat untuk krisis, pengukuran-pengukuran cortisol dan ACTH darah selama krisis dan sebelum glukokortikoid-glukokortikoid (glucocorticoids) diberikan adalah cukup untuk membuat diagnosis. Sekali krisis terkontrol dan obat-obat telah dihentikan, dokter akan menunda pengujian yang lebih jauh untuk sampai satu bulan untuk memperoleh diagnosis yang akurat.

Tes-Tes lain

Sekali diagnosis dari ketidakcukupan adrenal primer telah dibuat, pemeriksaan-pemeriksaan x-ray perut mungkin diambil untuk melihat apakah adrenal-adrenal mempunyai tanda-tanda apa saja dari endapan-endapan kalsium. Endapan-endapan kalsium mungkin mengindikasikan TB. Tes kulit tuberculin juga mungkin digunakan.
Jika ketidakcukupan adrenal sekunder adalah penyebabnya, dokter-dokter mungkin menggunakan alat-alat imaging (pencitraan) yang berbeda untuk mengungkap ukuran dan bentuk dari kelenjar pituitary. Yang paling umum adalah CT scan, yang memproduksi rentetan dari gambar-gambar x-ray yang memberikan gambar (image) potongan melintang dari bagian tubuh. Fungsi dari pituitary dan kemampuannya untuk memproduksi hormon-hormon lain juga diuji.

Merawat Penyakit Addison

Perawatan penyakit Addison melibatkan penggantian, atau substitusi, hormon-hormon yang sedang tidak dibuat kelenjar-kelenjar adrenal. Cortisol digantikan secara oral dengan tablet-tablet hydrocortisone, glukokortikoid sintetik, yang dikonsumsi sekali atau duakali sehari. Jika aldosteron juga tak mencukupi, ia digantikan dengan dosis-dosis oral dari mineralocorticoid yang disebut fludrocortisone acetate (Florinef), yang dikonsumsi sekali sehari. Pasien-pasien yang menerima terapi penggantian aldosteron biasanya dinasehati oleh seorang dokter untuk meningkatkan pemasukkan garam mereka. Karena pasien-pasien dengan ketidakcukupan adrenal sekunder secara normal mempertahankan produksi aldosteron, mereka tidak memerlukan terapi penggantian aldosteron. Dosis-dosis dari setiap obat-obat ini disesuaikan untuk memenuhi keperluan-keperluan dari pasien-pasien perorangan.
Selama krisis addisonian, tekanan darah rendah, glukosa darah yang rendah, dan tingkatan-tingkatan potassium yang tinggi dapat mengancam nyawa. Terapi standar melibatkan suntikan-suntikan intravena dari hydrocortisone, saline (air garam), dan dextrose (gula). Perawatan ini umumnya membawa perbaikan yang cepat. Ketika pasien-pasien dapat mengkonsumsi cairan-cairan dan obat-obatan secara oral (mulut), jumlah hydrocortisone dikurangi hingga dosis pemeliharaan tercapai. Jika aldosterone tak mencukupi, terapi pemeliharaan juga memasukkan dosis-dosis oral dari fludrocortisone acetate.

Operasi

Pasien-pasien dengan ketidakcukupan adrenal yang kronis yang memerlukan operasi dengan pembiusan umum dirawat dengan suntikan-suntikan hydrocortisone dan saline. Suntikan-suntikan mulai pada malam hari sebelum operasi dan berlanjut hingga pasien-pasien sadar sepenuhnya dan mampu meminum obat melalui mulut. Dosis disesuaikan hingga dosis pemeliharaan yang diberikan sebelum operasi tercapai.

Kehamilan

Wanita-wanita dengan ketidakcukupan adrenal primer yang menjadi hamil dirawat dengan terapi penggantian standar. Jika mual dan muntah pada awal kehamilan menggangu pengobatan oral, suntikan-suntikan hormon mungkin diperlukan. Sewaktu melahirkan, perawatan adalah serupa pada yang dari pasien-pasien yang memerlukan operasi; setelah melahirkan, dosis secara berangsur-angsur disusutkan/dikurangi dan dosis pemeliharaan yang biasa dari hydrocortisone dan fludrocortisone acetate melalui mulut dicapai pada kira-kira 10 hari setelah kelahiran bayi.

Pendidikan Pasien

Seseorang yang mempunyai ketidakcukupan adrenal harus selalu membawa identifikasi yang menyatakan kondisinya dalam suatu kasus darurat. Kartunya harus menyiagakan personal keadaan darurat tentang keperluan untuk menyuntikan 100 mg cortisol jika pemegang kartunya ditemukan terluka parah atau tidak mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan. Kartunya harus juga memasukkan nama dokter dan nomor telefonnya dan nama dan nomor telefon dari saudara terdekatnya untuk diberitahukan. Ketika bepergian, jarum dan penyemprot (syringe atau suntikan), dan bentuk cortisol yang dapat disuntikan harus dibawa untuk keadaan-keadaan darurat. Seseorang dengan penyakit Addison juga harus mengetahui bagaimana meningkatkan pengobatan selama periode-periode stress atau infeksi-infeksi saluran pernapasan atas yang ringan. Perhatian medis segera diperlukan ketika infeksi-infeksi berat, muntah, atau diare terjadi. Kondisi-kondisi ini dapat mempercepat suatu krisis addisonian. Seorang pasien yang muntah mungkin memerlukan suntikan-suntikan hydrocortisone.
Orang-orang dengan persoalan-persoalan medis mungkin ingin memakai gelang atau kalung leher peringatan yang deskriptif (menguraikan) untuk menyiagakan personal keadaan darurat. Sejumlah perusahaan-perushaan membuat produk-produk identifikasi medis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar